"SELAMAT DATANG DI DANDYBLOG TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG"

Kamis, 20 September 2018

JARINGAN PAN


JARINGAN PAN

Pengertian Jaringan PAN (Personal Area Network) - Personal area network (PAN) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lain pada jarak yang sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

Sistem keamanan rumah berbasis komunikasi data, serta perangkat komunikasi publik seperti internet.

Kontrol pada PAN dilakukan dengan otoritas pribadi, dan untuk teknologi yang digunakan meliputi Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth.

Pengertian Jaringan PAN (Personal Area Network)
Pengertian Jaringan PAN (Personal Area Network)


PAN ini terhubung melalui bus yang ada di komputer, seperti USB dan Firewire. PAN atau Personal Area adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat komputer. Rentang PAN biasanya hanya beberapa meter.

PAN bisa digunakan untuk komunikasi antar perangkat pribadi itu sendiri (communicationintrapersonal).

Penggunaan Jaringan Area Pribadi
1) Menghubungkan perangkat komputer
2) Sebagai media komunikasi antar perangkat itu sendiri (personal communication)

Contoh Penggunaan Jaringan PAN
Hubungkan HP dengan menggunakan Laptop
Bluetooth. Hubungkan mouse dengan menggunakan Laptop
Bluetooth. Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth

Selain itu, Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat komputer (termasuk telepon dan personal digital assistant) yang dekat dengan satu orang. Perangkat mungkin atau mungkin bukan milik orang itu. Rentang PAN biasanya beberapa meter.



Baca juga:
Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum

PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (komunikasi intrapersonal), atau untuk terhubung ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan internet (uplink).

Area pribadi jaringan kabel mungkin dengan bus komputer seperti USB dan FireWire. Jaringan area pribadi nirkabel (WPAN) juga dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z-Wave dan ZigBee.

Teknologi Jaringan PAN
Bluetooth PAN juga disebut piconet, dan terdiri dari 8 perangkat aktif dalam hubungan master-slave (sejumlah besar perangkat yang dapat dihubungkan ke mode "parkir").

Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan semua perangkat berkomunikasi dengan master slave. Piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, meski berkisar hingga 100 meter bisa dijangkau dalam keadaan ideal.

Inovasi baru di antena Bluetooth diizinkan agar perangkat ini menjangkau lebih jauh jangkauan yang semula dirancang. Dalam DEF CON 12, sekelompok hacker yang dikenal sebagai "Flexilis" berhasil menghubungkan dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m) darinya.

Mereka menggunakan antena dengan ruang lingkup dan antena Yagi, semuanya menempel pada senapan. Kabel antena terpasang ke kartu Bluetooth di komputer. Mereka kemudian disebut antena "The BlueSniper".

Skinplex, teknologi PAN lainnya, mentransmisikan melalui kapasitif di dekat bidang kulit manusia. Skinplex bisa mendeteksi dan berkomunikasi hingga satu meter dari tubuh manusia. Sudah digunakan untuk kontrol akses untuk mengunci pintu dan membuat jamir mobil terlindungi di atap mobil.

PAN nirkabel
WPAN (jaringan area pribadi nirkabel) adalah jaringan area pribadi untuk jaringan yang berpusat di sekitar perangkat interkoneksi individu dari tempat kerja dimana koneksi nirkabel.

Umumnya, jaringan nirkabel area pribadi menggunakan beberapa teknologi yang memungkinkan komunikasi dalam jarak sekitar 10 meter dengan kata lain, yang sangat close-up. Salah satu teknologi Bluetooth, yang digunakan sebagai dasar standar baru, IEEE 802.15.

WPAN dapat melayani semua interkoneksi ke komputer dan berkomunikasi secara teratur pada perangkat yang memiliki banyak orang di mejanya atau membawanya hari ini atau dapat melayani tujuan yang lebih spesifik seperti mengizinkan ahli bedah dan anggota tim lainnya berkomunikasi selama operasi berlangsung.

Konsep kunci dalam teknologi WPAN dikenal sebagai "plugging dalam". Dalam skenario ideal, jika dua WPAN dilengkapi dengan perangkat lebih dekat (beberapa meter satu sama lain) atau dalam beberapa kilometer dari server pusat, mereka dapat berkomunikasi seolah terhubung dengan kabel.

Fitur penting lainnya adalah kemampuan masing-masing untuk mengunci perangkat dari perangkat selektif lainnya, yang perlu mencegah intrusi yang tidak sah atau akses terhadap informasi.

Teknologi untuk WPAN dalam masa pertumbuhan pesat dan proses pembangunan. Tujuannya adalah untuk memudahkan kelancaran pengoperasian perangkat atau sistem rumah atau bisnis.

Setiap perangkat di WPAN akan dapat terhubung ke perangkat lain di WPAN, asalkan keduanya berbeda secara fisik satu sama lain. Selain itu, seluruh dunia akan menjadi WPANs interkoneksi.

Jadi, misalnya, sebuah situs di sebuah arkeologi di Yunani mungkin menggunakan PDA akses langsung ke database di University of Minnesota di Minneapolis, dan untuk mengirimkan temuan ke database.

1 komentar:

Makasih...